Rekomendasi Menu Sarapan di Balikpapan

Sarapan-pagi-balikpapan

Rekomendasim sarapan buat wisata Kuliner Balikpapan. Pagi hari, baru saja selesai sholat subuh belum ada jam 6 pagi. Muka masih bau bantal terus ditawarin sarapan nasi kuning. Owh no pasti yang ada di benak kalian ada anggota keluarga yang sedang ulang tahun bukan? Hehehehe sayapun dulu berfikir begitu waktu pertama kali menginjakan kaki di Balikpapan.

Pagi harinya ditawari sarapan nasi kuning. Tapi ternyata tidak hanya di Balikpapan. Hampir di seluruh wilayah kaltim dan kalsel rata-rata sarapan pagi nasi kuning sudah menjadi trend dan makanan khas.

Bicara sarapan di Balikpapan ternyata nggak hanya nasi kuning lho, ada lontong sayur, Buras, dan nasi pecel. Kalau kalian kebetulan sedang berada di wilayah Kalimantan, khususnya di Balikpapan. Kuy cobain empat menu yang saya sebutkan diatas. Tapi kalau kebetulan kalian berada di luar wilayah Kalimantan dan ingin merasakan sarapan dengan menu ini, tenang saya akan kasih step-step cara membuatnya. Biar kalian yang sedang merindukan sarapan pagi di Balikpapan bisa terobati.

Lauk utama menu sarapan

Meskipun empat menu sarapan ini sama sekali tak sama dan bahkan bertolak belakang, namun yang sangat amazing adalah lauk utamanya sama. Rata-rata adalah ikan, daging, ayam serta telur yang dimasak bumbu habang banjar. Terbuat dari cabe merah yang telah di keringkan sehingga memiliki cita rasa yang khas. Merah membara namun sama sekali tidak pedas, cenderung agak manis di lidah.

Resep bumbu habang banjar

¼ cabe merah besar kering. Di rendam air 2 jam, di bersihkan lalu di tiriskan. Blender

Kalau suka pedas tambahkan cabe rawit kering. Prosesnya sama yaitu caber rawit kering direndam lalu di blender. Tambahkan bawang merah, bawang putih, jahe blender halus.

Bumbu-bumbu yang telah di blender lalu ditumis dengan minyak sampai matang dan berbau harum. Tambahkan garam, penyedap rasa dan gula merah. Cicipi dengan segenap rasa lalu masukan daging, ayam, telur. Aduk rata sampai empuk. Kalau memasukan ikan usahakan ikannya sudah di goreng.

Jenis ikan yang enak dimasak bumbu habang ini adalah ikan gabus,ikan tongkol, ikan layang dan ikan tuna. Jenis ikan yang dagingnya kesat, jadi Ketika terendam bumbu semakin lama maka semakin enak.

Biarkan bumbu teresap dengan sempurna. Semakin lama semakin enak. Biasanya saya memasak dan merendamnya di dalam bumbu selama satu malam penuh.

Resep Nasi kuning Balikpapan

Makin lama pesona nasi kuning semakin kian populer. Tak hanya untuk sarapan, sekarang naik kelas menjadi nasi kuning malam. Cara membuatnya pun sangat mudah. Masak 1 kg beras dengan santan kental 2 kelapa tua yang besar. Lebih enak kalau menggunakan beras unus atau beras banjar karena cita rasanya yang sangat otentik. Beri tambahan daun pandan dan parutan kunyit yang disaring diambil airnya saja atau beri tambahan kunyit bubuk. Kalau warnanya masih terlalu pucat beri 1-3 tetes pewarna makanan warna kuning telur. Beri sedikit garam. Aduk rata sampai menggering. Tunggu hingga dingin.

Setelah kira-kira 20 menit, beras tadi sudah kering sempurna lalu kukus di panci pengukus di bawah airnya beri daun pandan agar lebih harum. Kukus 20 hingga 30 menit. Test rasa dan kematangannya. Angkat. Jadi deh. Sesimple itu kan?

Memakan nasi kuning tidak lengkap rasanya kalau tidak ditambahi dengan kering tempe dan mie goreng, bisa juga ditambahkan serundeng dari kelapa parut yang sudah di beri bumbu hingga menambah kenikmatan cita rasanya.

Resep Buras

Buras sebenarnya tidak selalu untuk sarapan pagi. Dulu pertama kali memakannya malahan pada waktu arisan. Sebagai hidangan di sore hari. Namun di Balikpapan buras memang banyak ditemukan di penjual sarapan pagi. Barengan dengan nasi kuning, lontong sayur dan nasi pecel.

Buras sendiri sebenarnya hampir sama dengan lontong. Karena sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Yang membedakannya hanyalah pada waktu pembuatan buras yaitu beras di aron dengan menggunakan santan kental dan diberi sedikit garam. Perbungkus diisi kira-kira 3 -4 sendok makan beras yang sudah di aron. Lalu dibungkus dengan daun pisang. Lalu diikat dua buah menggunakan tali raffia. Buras direbus kira-kira 3-4 jam sampai benar-benar tanak.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *